Magister Teologi

Program studi Magister Teologi (M.Th.) telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT (SK. No. 072/BAN-PT/ Ak-V/S2/I/2008), selain juga terakreditasi oleh ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia). Para pengajar adalah dosen-dosen STT Jakarta dengan gelar doktor dari berbagai disiplin ilmu teologi.

Visi:
Menjadi Program Studi yang handal dengan perspektif berteologi kontekstual, yang menghasilkan lulusan beriman, berpribadi, kritis-kreatif, berwawasan luas serta mampu berteologi secara terintegrasi di tengah kebutuhan gereja dan masyarakat.

Misi:
1. Melaksanakan pendidikan teologi pada aras stratum dua (Magister), yang mengintegrasikan aspek kajian ilmiah-teologi dengan praktik berteologi.
2. Mendidik tenaga pelayan, di lingkungan gereja dan masyarakat, yang memiliki kecerdasan yang memadai, serta jiwa pelayanan dan pengabdian.
3. Menyiapkan tenaga pengajar dan pelatih dalam berteologi kontekstual di bidang spesialisasi (konsentrasi) masing-masing untuk memenuhi kebutuhan lembaga pendidikan teologi.

Tujuan:
1. Menghasilkan lulusan yang memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman yang diandalkan dalam berteologi secara kontekstual.
2. Menghasilkan tenaga pelayan yang mampu melakukan penelitian yang mendalam terhadap pergumulan-pergumulan teologis yang berkembang dalam ge-reja dan masyarakat.
3. Menghasilkan tenaga pelayan yang terampil dan profesional dalam mengembangkan serta mengaktualisasikan ilmu teologi dalam kehidupan nyata ge-reja dan masyarakat.

KURIKULUM DAN DINAMIKA STUDI
Dirancang untuk dapat ditempuh secara penuh waktu selama 2-3 tahun untuk 47 sks, dengan sistem kelas dan tutorial individual. Program ini terdiri atas 14 konsentrasi studi, 6 mata kuliah, seminar penelitian dan seminar proposal, serta ujian tesis.

UJIAN MASUK
1. Bidang Biblika (Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru atau Teologi Biblika).
2. Bidang Studi Utama; atau Konsentrasi yang akan ditempuh selama studi (calon dengan bidang studi utama Biblika, harus memilih salah satu bidang lain untuk mata ujian masuk).
3. Evaluasi Psikologis (Psikotest) dan Wawancara.

PERSYARATAN MASUK M.Th.:
Mengisi formulir pendaftaran yang dilampiri dengan:
a. Rekomendasi dari Gereja (Sinode) sesuai peraturan yang berlaku di lembaga tersebut atau Perguruan Tinggi pengutus.
b. Pernyataan jaminan pembiayaan studi di atas materai Rp. 6000,-.
c. Ijazah & Transkrip Akademik S1 yang dilegalisasi minimal IPK 3.0. – khusus alumni STT Jakarta minimal IPK 2.70.
d. Skor minimal TOEFL (institutional, international, ataupun internet; paling lama 2 tahun) adalah 450. Jika belum tercapai 450 maka skor minimal 400 dapat diterima untuk dilengkapi sesuai persyaratan sebelum memulai studi.
e. Pernyataan dari calon mengenai tujuan, gagasan, dan harapan-harapan dalam menempuh studi dalam 2 halaman A4.
f. Pasphoto terbaru 2x3 dan 3x4: masing-masing 2 lembar.